Rabu, 12 April 2017

Artikel sim, novi irnawati, hapzi ali, implementasi sistem informasi pada pt erajaya swasembada tbk, universitas mercu buana, 2017

Implementasi Sistem Informasi pada
PT. Erajaya Swasembada Tbk

Novi Irnawati
41814010070@student.mercubuana.ac.id
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana, Jakarta


ABSTRAK
PT. Erajaya Swasembada Tbk (Erajaya Group) merupakan salah satu perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti handset, kartu SIM, kartu voucher prabayar, aksesoris, komputer, dan segala jenis gadget elektronik terbesar di Indonesia yang mulai mengembangkan sayap perusahaan dengan memanfaatkan perkembangan dunia teknologi informasi sebagai upaya untuk mencapai sasaran bisnisnya. Upaya tersebut dilakukan dengan digitalisasi operasional unit bisnis perusahaan menggunakan sistem informasi. Erajaya Group mengoperasikan jaringan teknologi informasi yang luas untuk mendukung kegiatan usahanya. Dalam artikel ini penulis akan membahas implementasi sistem informasi apa saya yang telah dilakukan oleh PT. Erajaya Swasembada Tbk.
Keyword :
Sistem Informasi, Implementasi Sistem Informasi, Digitalisasi, Erajaya, Erafone





1. PENDAHULUAN


Di zaman modern yang serba cepat ini, penggunaan sistem informasi berbasis komputer sudah menjadi kebutuhan utama dalam rangka meningkatkan kinerja suatu Perusahaan. Penggunaan sistem informasi yang terkomputerisasi dapat memberi banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi, perusahaan dapat melakukan proses penyimpanan dan pemrosesan data dengan mudah, cepat, menjamin keamanan data, dan data dapat terorganisasi dengan baik sehingga mudah menemukan proses bisnis perusahaan dapat berlangsung dengan lancar.
            PT. Erajaya Swasembada Tbk merupakan salah satu perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik terbesar di Indonesia yang telah memanfaatkan sistem informasi berbasis komputer dalam operasional perusahaan sehari-hari. Dengan unit usaha yang jumlahnya tidak sedikit, tentu saja PT. Erajaya Swasembada Tbk membutuhkan suatu sistem untuk membantu efektivitas proses bisnisnya. Maka itu, implementasi sistem informasi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk dianggap menjadi faktor krusial bagi perkembangan perusahaan.
Dengan latar belakang tersebut, penulis memutuskan untuk menganalisa implementasi pada perusahaan tersebut. Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas “Implementasi Sistem Informasi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk”.  Penulis akan membahas mengenai implementasi sistem informasi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk, manfaat dari implementasi sistem informasi, serta dampak yang dirasakan perusahaan setelah mengimplementasikan sistem informasi pada perusahaan.
2. METODE
Metode penelitian untuk penulisan artikel ilmiah ini menggunakan penelitian studi literatur dengan mencari referensi teori dan data tertulis yang relevan dengan topik yang akan dibahas.
3. HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1. Sekilas tentang Erajaya
Didirikan pada tahun 1996, Erajaya Group adalah salah satu perusahaan distribusi dan perdagangan ritel peralatan telekomunikasi selular terbesar yang terintegras, dan juga salah satu perusahaan yang paling terpercaya dalam bisnis usahanya di Indonesia. Erajaya Group menjalankan kegiatan usaha distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Erajaya Group berada di posisi teratas di dalam bidang usaha distribusi dan perdagangan ritel produk-produk telepon selular. Prestasi tersebut
tentunya tak lepas dari strategi distribusi dan ritel yang dikembangkan oleh Erajaya Group. Strategi-strategi yang dilakukan oleh Erajaya Group untuk menjadi perusahaan teratas dalam bidang usaha distribusi dan perdagangan ritel elektronik yaitu : (1) Portofolio brand partnership terlengkap baik dalam distribusi maupun ritel; (2) Perluasan jaringan distribusi dan inovasi ritel Erajaya Group; (3) Melakukan pengembangan konsep pameran baru, dan berpartisipasi aktif dalam berbagai event pameran besar; (4) Melakukan kerjasama pembentukan usaha patungan dengan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
3.2. Implementasi Sistem Informasi
       pada PT. Erajaya Swasembada
3.2.1. Digitalisasi Erajaya
Erajaya Group telah mengoperasikan jaringan teknologi informasi yang luas untuk mendukung kegiatan usahanya. Platform teknologi informasi Erajaya Group meliputi manajemen persediaan dan sistem pelacakan pendapatan, sistem yang terintegrasi dengan sistem operator jaringan selular untuk penjualan voucher elektronik dan jaringan pendukung bisnis yang standar.
Erajaya Group telah mengembangkan platform teknologi informasi berbasis Oracle untuk sebagian besar bisnisnya mulai tahun 2011. Platform ini menyediakan keterpaduan dalam penjualan dan manajemen gudang penyediaan dan kemampuan pelaporan keuangan yang terintegrasi. Sistem teknologi informasi juga memungkinkan Erajaya Group menghasilkan laporan indikator kinerja utama yang terkait dengan volume penjualan, yang disyaratkan oleh beberapa merek prinsipal. Erajaya Group juga telah mengembangkan sistem manajemen tenaga penjualan, yang memungkinkan pelacakan dari tim penjualan tersebut melalui Global Positioning System (GPS), serta pengecekan stok telepon selular dan pelacakan penjualan secara langsung (real time).
Erajaya Group mulai mengembangkan perusahaannya dengan memanfaatkan IT pada tahun 2011. Erajaya mulai mengembangkan sistem informasi perusahaan tahun 2011. Pengembangan sistem informasi pada Erajaya Group mulai berkembang dengan cepat pada tahun 2012. Ditandai pada tanggal 9 November 2012, Erajaya secara resmi mengakuisisi PT Azec Indonesia Management Services (AIMS) yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan jasa sistem Teknologi Informasi, yang dapat menunjang platform Teknologi Informasi Perseroan. Implementasi Sistem Informasi pada Erajaya Group menggunakan sistem Azecsoft yang merupakan produk dari AIMS yang merupakan anak perusahaan Erajaya Group.
Selain digitalisasi pada aspek operasional perusahaan, transformasi sistem Human Resources (HR) menjadi Human Capital juga merupakan salah satu kunci sukses perusahaan dalam mengarungi samudera bisnis yang semakin ketat belakangan ini. PT Erajaya Swasembada Tbk (Erajaya) melakukannya dengan digitalisasi sistem HR. Nilai investasinya tidak tanggung-tanggung, Rp 1,5 miliar.
Menurut Manager HR People Development Erajaya, Budi Hartono, transformasi digitalisasi HR ini terkait erat dengan pengembangan sumber daya manusia. Sehingga, karyawan lebih efektif dalam bekerja. Erajaya Group menggunakan provider dari ProInt dalam transformasi HR yang sudah disiapkan sejak 2013 dan mulai aktif setahun berikutnya.
Lewat platform web base ProInt, PT. Erajaya Swasembada Tbk melakukan perubahan yang signifikan. Ada dua modul yang dipakai yakni basic modul yang meliputi segala data karyawan mulai dari pembayaran gaji, pembayaran PPh, slip dan lainnya. Kedua, advance modul yang meliputi training, assessment, performance management, dan lainnya yang bisa dipantau sistem,” katanya.
Dampak positif yang dirasakan perusahaan setelah mengimplementasikan sistem informasi HR berbasis web ini dapat dilihat dari sisi model organisasi. Dari awalnya, sentralistik sesuai merek karena sebelumnya memang setiap merek punya organisasi sendiri termasuk leader dan tim. Saat ini, diubah dari merek menjadi area. Sehingga, perseroan tidak hanya fokus pada brand dan melupakan area yang perlu dikembangkan.
3.2.2. E-commerce
Penjualan ritel kepada konsumen juga dilakukan PT. Erajaya Swasembada Tbk melalui saluran penjualan eletronik atau e-commerce erafone.com sejak tahun 2011. Secara keseluruhan, erafone.com memuat data dan keterangan teknis dari ragam portofolio produk, promosi penjualan, panel keanggotaan online, pelayanan penjualan online dan keterangan mekanisme pembayaran, serta layanan customer care.
Dengan kerjasama bersama 13 bank, Erajaya Group memberikan kemudahan pembayaran dengan sistem transaksi non-tunai. Selain praktis, metode ini dapat memberikan prinsipal produk sebuah jaringan ritel berbiaya rendah. Erajaya Group menjamin keamanan seluruh sistem pemesanan dan pembayaran yang dilakukan melalui sistem integral dan dikembangkan oleh sistem pusat Teknologi Informasi dari Erajaya Group.
Pertumbuhan transaksi penjualan erajaya terus meningkat dengan adanya ecommerce erafone.com ini walaupun pada tahun 2013 sempat menurun karena Adanya aturan baru impor handset yang menyebabkan proses impor menjadi lebih lama, hal ini mengakibatkan adanya gangguan stock supply untuk penjualan, serta maraknya blackmarket yang bermunculan di tahun 2013.
Sebagai contoh pada  tahun 2012, transaksi penjualan perusahaan meningkat tajam. Jumlah penjualan neto naik sebesar 86,7% menjadi Rp12.883,6 miliar di tahun 2012, dibandingkan dengan jumlah penjualan neto sebesar Rp6.899,5 miliar di tahun 2011.
Peningkatan ini juga didorong oleh penggunaan erafone.com sebagai platform sistem penjualan PT. Erajaya Swasembada Tbk.
Gambar 1. Penjualan Neto 2011 -2012

Gambar 2. Penjualan Neto 2013-2015
Peningkatan tajam pada tahun 2011 ke tahun 2012 ini kemudian menempatkan ecommerce erafone.com di jajaran teratas oleh situs pemeringkat Alexa sebagai e-commerce penjualan telepon seluler paling sering dikunjungi pada tahun 2012.
Erajaya berencana untuk terus meningkatkan volume dan nilai penjualan e-commerce melalui kerjasama dengan prinsipal merek yang diturunkan melalui program seperti preorder atau paket cross-selling. Pengembangan erafone.com ini diharapkan dapat memperluas penawaran ragam produk dan layanan konten seluler seperti permainan, aplikasi dan musik melalui perangkat seluler.
4. KESIMPULAN
Penerapan sistem informasi di PT. Erajaya Swasembada Tbk membawa manfaat sebagai penunjang keberhasilan perusahaan dalam rangka efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaan. Implementasi sistem informasi sangat membantu perusahaan dalam meraih tujuan bisnisnya. Implementasi sistem informasi pada Erajaya Group sudah dilaksanakan pada berbagai aspek perusahaan, mulai dari sistem informasi penjualan dengan ecommerce erafone.com, menerapkan erp azecsoft, hingga sistem informasi hr berbasis web. Berdasarkan penjelasan pada bagian hasil dan pembahasan dalam artikel ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi SI pada perusahaan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan, mengembangkan bisnis, dan membantu perusahaan dalam mencapai sasaran bisnisnya .
5. DAFTAR PUSTAKA
Erajaya. (2013). Annual Report PT. Erajaya Swasembada Tbk 2011 [Online] (available http://www.erajaya.com/web/images/filepdf/2013-09-17-143243.pdf diakses pada 10/04/2017)
Erajaya. (2013). Annual Report PT. Erajaya Swasembada Tbk 2012 [Online] (available http://www.erajaya.com/web/images/filepdf/2013-09-17-143312.pdf  diakses pada 10/04/2017)
Erajaya. (2014). Annual Report PT. Erajaya Swasembada Tbk 2013 [Online] (available http://www.erajaya.com/web/images/filepdf/2014-07-03-050208.pdf diakses pada 10/04/2017)
Erajaya. (2015). Annual Report PT. Erajaya Swasembada Tbk 2014 [Online] (available http://www.erajaya.com/web/images/filepdf/2015-05-26-105903.pdf diakses pada 10/04/2017)
Erajaya. (2016). Annual Report  PT. Erajaya Swasembada Tbk 2015 [Online] (available http://www.erajaya.com/web/images/filepdf/2016-08-04-163234.pdf diakses pada 10/04/2017)

Prahadi, Yeffrie Yundiarto. (2016)       Digitalisasi HR ala Erajaya [Online] (available : http://swa.co.id/swa/trends/management/digitalisasi-hr-ala-erajaya diakses pada 10/04/2017 18.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar